Kenapa Harus Menulis ?

Bismillahirrahmanirrahim

Melalui postingan pertama di blog baru ini saya bermaksud untuk memperjelas apa yang sebenarnya menjadi alasan dan motivasi saya untuk kembali memulai menulis dengan lebih serius. Lebih serius dalam hal ini, menulis lebih rutin di platform yang memang diperuntukkan untuk menulis, yakni blog. Kenapa di WordPress? singkatnya, menurut saya CMS ini cukup mudah untuk digunakan dan memang saya sudah familiar bagaimana environment di dalamnya, terutama fitur-fitur dan plugin nya.

Okay, kembali ke judul, Kenapa Harus Menulis? Pertanyaan ini menurut saya sangat fundamental, tiap penulis pastinya memiliki jawabannya masing-masing tidak terkecuali saya. Saya sendiri memiliki beberapa alasan kenapa mau mulai lebih serius lagi menulis. Berikut adalah tiga alasan utama kenapa kita harus menulis,

  1. Menulis untuk berbagi manfaat

Membaca adalah salah satu hobi saya karena dengannya kita bisa mendapat banyak pengetahuan, inspirasi dan pengalaman dari orang-orang di seluruh dunia yang menuliskan ataupun dituliskan perjalanan hidupnya, baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal. Atas dasar ini, alangkah baiknya jika kita bisa merekam pelajaran dan perjalanan hidup kita lewat tulisan kemudian kita sendiri ataupun orang-orang yang membacanya akan mendapat manfaat.

  1. Menulis untuk mengaktualisasi diri

Saya ingin mengekspresikan diri, berkarya dan menghasilkan sesuatu. Menulis menurut saya adalah salah satu cara terbaik dan terjangkau untuk mengaktualisasikan diri dan berkarya dengan sederhana. Lewat tulisan kita bisa menuangkan seluruh gagasan dan ide yang kita miliki. Dan melalui tulisan juga, kita bisa mengekspresikan suasana hati kita.

  1. Menulis untuk belajar lebih dalam

Dalam proses belajar, menulis bagi saya berada pada urutan setelah membaca. Bacalah (iqro) baru kemudian tulislah agar yang kamu pelajari semakin berkesan. Menulis hal-hal penting (rangkuman) apa yang kita baca akan memudahkan kita untuk mengingat secara kesuluruhan apa yang sudah kita pelajari lewat bacaan. Dari catatan-catatan penting yang telah kita tulis dari membaca, kita akan dimudahkan dan memiliki kesempatan untuk mereview kembali tanpa harus membaca buku secara keseluruhan.

write-593333_1920

Bagi saya, ketiga alasan di atas adalah fondasi. Fondasi harus membumi dan kuat menopang. Ia harus lurus karena ia terdiri dari niat-niat baik untuk berbagi dan mengaktualisasi diri. Ia harus tetap kuat berdiri bahkan ketika malas untuk menulis melanda.

Untuk sahabat-sahabat pena yang sempat membaca dan memiliki tulisan yang serupa dengan ini barangkali berkenang untuk sharing link nya di bagian komentar. Mari saling menguatkan untuk terus menulis. Semangat. 🙂

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

